Atasi Gigi Ngilu dengan Cara Tradisional

Bagi kamu yang mengalami gigi sensitif, mengonsumsi makanan atau minuman dingin akan membuat gigimu terasa ngilu seketika. Kondisi ini tentunya membuatmu merasa tidak nyaman sekaligus membatasi apa yang kamu makan. Gigi ngilu dapat terjadi apabila lapisan dalam gigi terpapar secara bebas dan berkontak langsung dengan makanan atau minuman bersuhu. Masalah gigi sensitif di zaman sekarang mungkin lebih mudah diatasi, mengingat kian banyak produk atau obat yang menawarkan khasiatnya terhadap gigi sensitif. Namun meskipun begitu, masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk atasi gigi sensitif, yakni dengan cara tradisional. Tahukah kamu cara apa saja yang bisa kamu lakukan?

Gigi ngilu pasti selalu dikaitkan dengan gigi ngilu, padahal gigi ngilu bukan hanya disebabkan oleh gigi sensitif saja, tetapi bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti gigi berlubang, gigi retak, tambalan gigi yang lepas, penyakit gusi hingga menyikat gigi dengan cara yang salah. Akhirnya, lapisan terluar gigi akan mulai terkikis menyebabkan lapisan dentin (tengah gigi yang memiliki ribuan serabut saraf dan pembuluh darah) terbuka sehingga lapisan dalam gigi berkontak langsung dengan lingkungan luar gigi. Tetapi, masalah gigi sensitif kini sudah lebih mudah untuk diatasi dan sudah banyak diantara penderitanya memiliki gigi yang normal dan sehat kembali setelah melakukan pengobatan.

Namun, pengobatan untuk gigi ngilu bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang alami. Mungkin proses pengobatannya tidak secara instan, tetapi dapat menghasilkan manfaat yang optimal. Berikut beberapa cara alami yang dapat kamu lakukan untuk atasi gigi ngilu, diantaranya:

  • Garam

Manfaat garam untuk pengobatan rongga mulut sudah tidak bisa diragukan lagi, mengingat garam merupakan antiseptik alami yang dapat membantu meredakan peradangan. Tidak hanya itu, garam juga berperan sebagai antibakteri yang dapat melawan bakteri jahat penyebab sakit gigi. Kebanyakan gigi ngilu disebabkan karena adanya peradangan pada area dalam gigi sehingga penggunaan garam sangat membantu dalam mengurangi rasa ngilu yang kamu alami.

Cara penggunaanya pun cukup mudah, kamu bisa larutkan 1 atau ½ sendok garam dalam air hangat. Aduk hingga larutan garam telah menyatu dengan air. Gunakan sebagai obat kumur kurang lebih 30 detik lalu buang. Ulangi cara ini setiap gigimu merasa ngilu dan jangan menelan larutan garam setiap kamu berkumur karena akan berpengaruh pada kesehatanmu.

  • Kunyit

Kunyit merupakan bumbu dapur yang tidak boleh terlewatkan dalam membuat suatu masakan. Rasa gurih yang dihasilkan oleh kunyit, ternyata membawa manfaat baik bagi gigi ngilu. Kunyit dipercaya mengandung senyawa curcumin yang memiliki sifat anti radang, antiseptik dan antibiotik.

Cara mengolah kunyit sebagai obat gigi ngilu juga sangat mudah, panggang kunyit lalu tekan-tekan pada bagian yang terasa ngilu atau bengkak. Jika dirasa gigi ngilumu belum kunjung membaik, kamu juga jadikan kunyit sebagai pasta gigi. Caranya cukup haluskan 1 ruas kunyit kemudian campurkan dengan ½ sendok teh garam dan 1 sendok makan minyak kelapa. Setelah semua bahan tercampur rata, oleskan pasta ini ke gigi dan gusi yang mengalami masalah. Gunakan pasta kunyit setidaknya dua kali sehari sampai rasa sakit mereda.

Namun cara ini hanya menjadi pengobatan alternatif saja, jangan jadikan kunyit sebagai bahan utama untuk sikat gigi setelah gigi ngilumu membaik karena kunyit tidak ada kandungan fluoride sehingga dapat meningkatkan kerusakan gigi.

  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang sejak zaman dahulu sudah digunakan untuk menyembuhkan segala jenis penyakit, selain mampu mengobati perut kembung, bawang putih juga dapat membunuh bakteri penyebab plak. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih juga dapat membantu meredakan sakit gigi.

Kamu bisa menggunakan bawang putih sebagai obat gigi sensitif, yakni dengan cara mengunyah satu siung bawang secara mentah-mentah dan kunyahlah menggunakan bagian gigi yang sakit agar air dalam bawang putih dapat meresap pada gigi yang sakit. Tetapi jika kamu tidak sanggup mengunyah bawang putih secara mentah, kamu bisa menghaluskan satu siung bawang putih dicampur dengan ½ sendok garam, lalu gunakan sebagai pasta untuk menyikat gigi.

Bahan-bahan alami di atas merupakan bahan-bahan yang bisa kamu temukan secara mudah dan akan efektif membantu mengatasi persoalan gigi sensitif. Namun bahan alami di atas hanya boleh digunakan sementara waktu saja dan tidak bisa gantikan posisi utama pasta gigi. Sebab pasta gigi selain dapat meredakan gigi ngilu, pasta gigi juga mengandung bahan-bahan aktif yang dapat melindungi gigi dari permasalahan gigi dan mulut, salah satunya gigi berlubang. Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga kesehatan gigimu dengan menyikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *