Gigi Bersih tanpa Sikat Gigi. Begini Caranya!

Kamu ingin memiliki gigi putih dan bersih? Pasti kamu menjawab, iya! Ternyata untuk mendapatkan gigi bersih dan bebas plak gigi tidak cukup hanya sikat gigi saja, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan itu semua, yakni dengan menggunakan benang. Gak percaya? Yuk simak!.

Cara membersihkan gigi dengan menggunakan benang sebenarnya sudah banyak yang mengetahui tapi untuk kalangan milenial seperti kamu, rasanya masih sangat jarang ada yang mau melakukan cara ini. Selain harus teliti dan sabar dalam menyingkirkan sisa makanan digigi, kamu juga harus memperhatikan ketebalan benang yang kamu gunakan.

Membersihkan gigi dengan menggunakan benang dalam istilah kedokteran dikenal sebagai Flossing yaitu membersihkan area sela-sela gigi untuk melepaskan plak atau sisa makanan. Bulu sikat gigi yang cenderung rapat terkadang tidak mampu menjangkau area sela-sela gigi, apabila di biarkan lama-kelamaan kotoran gigi akan menumpuk dan menimbulkan karang gigi, lebih parahnya gigi dan gusimu bisa terinfeksi bakteri.

Karang gigi yang menebal dan menyatu dengan gusi, akan menimbulkan banyak masalah pada gigi dan gusi, salah satunya peradangan gusi. Oleh karena itu, kamu bisa mencegah penumpukan plak dengan melakukan flossing. Idealnya, flossing dilakukan dua kali sehari setelah gosok gigi (pagi dan malam). Jika kamu tidak suka flossing, maka sama saja kamu membersihkan gigi setengah bagian saja. Flossing dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan gigi mu, diantaranya :

  1. Mencegah terbentuknya tartar

Ketika sisa makanan menempel dan menumpuk pada gigi, biasanya kita akan menyebutnya sebagai plak. Namun ketika plak tak segera dihilangkan dari gigi, biasanya plak akan semakin menumpuk dan mengeras. Inilah yang disebut dengan tartar. Tartar lebih sulit untuk dihilangkan karena keras dan sudah menumpuk lama.

Tartar juga seringkali menyebabkan penyakit gusi seperti gingivitis. Melakukan flossing adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan plak dan mencegah terbentuknya tartar yang terlewatkan oleh sikat gigi.2.

2. Mencegah gigi berlubang

Makanan yang menempel pada gigi atau di antara sela gigi adalah alasan terbesar gigi bisa berlubang. Melakukan flossing untuk menghilangkan makanan tersebut akan membantu mencegah sisa makanan menempel dan mencegah gigi berlubang.

3. Mencegah bau mulut

Ketika makanan tersisa di sekitar gigi, makanan akan membusuk dan bisa menyebabkan bau tak sedap. Melakukan flossing akan membantu membersihkan sela-sela gigi dari makanan sisa, sehingga tak menyebabkan bau mulut.

4. Mencegah penyakit lainnya

Kesehatan mulut dan gigi juga seringkali berimbas pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bakteri yang terbentuk pada mulut kamu bisa menyebar ke seluruh tubuh dan menyebabkan penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit pernapasan, dan lainnya.

Itulah beberapa manfaat melakukan flossing, lalu bagaimana dengan jenis benang yang digunakan? Apakah bisa menggunakan semua jenis benang? Atau ada kriteria khusus untuk penggunaan benangnya?.

Benang yang digunakan untuk membersihkan gigi adalah benang khusus yang bisa didapatkan di apotek terdekat. Jenis benangnya juga berbeda, ada jenis benang gigi tipis dan jenis benang gigi yang tebal. Benang gigi yang bagus digunakan untuk flossing adalah benang gigi yang berukuran tipis agar memudahkan kamu untuk membersihkan sela-sela gigi. Selain itupula, hal yang perlu kamu perhatikan untuk melakukan flossing adalah panjang benang gigi.

Panjang benang yang digunakan ± 45 cm. Benang yang terlalu pendek juga akan mempersulit kamu dalam melakukan gerakan pembersihan. Jadi, kamu harus ingat, benang yang digunakan bukanlah benang jahit yang biasa kamu temui dirumah. Karena dari jenis benangnya saja sudah tidak cocok untuk pembersihan gigi, dikhawatirkan akan melukai gusi dan mengakibatkan perdarahan.

Flossing gigi juga tidak bisa dilakukan sembarangan, ada langkah-langkah yang perlu kamu ketahui, diantaranya :

  1. Pegang erat sisa benang gigi dengan ibu jari dan jari telunjuk.
  2. Mulailah selipkan secara perlahan-lahan benang gigi pada sela-sela gigi.
  3. Gesekkan benang gigi membentuk pola huruf C pada sela-sela gigi dan gusi.
  4. Gerakkan benang naik dan turun secara lembut dan perlahan agar tidak melukai gusi.
  5. Terapkan hal yang sama pada sela-sela gigi yang lain.

Begitulah cara membersihkan gigi selain harus menggosok gigi, anak milaneal seperti kamu wajib melakukan ini agar gigi dan gusimu terselamatkan dari berbagai penyakit. Jangan hanya mengandalkan sikat gigi dalam membersihkan gigi, tapi juga lakukan flossing dan berkumurlah dengan obat kumur.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *