Punya Bibir Hitam, Sehat Tidak, ya?

Memiliki warna bibir yang kemerahan dan sehat tentunya menjadi idaman semua wanita, belum lagi jika tekstur bibir sangat kenyal dan halus ketika disentuh.Beberapa kategori tersebut sering kali disebut sebagai unsur kecantikan seseorang. Sayangnya, tidak semua wanita memiliki warna bibir yang merah, beberapa diantaranya justru memiliki bibir dengan warna pucat hingga kehitaman. Tapi apakah kondisi ini menandakan bahwa bibir tidak sehat?

Warna bibir alami adalah merah muda dan terlihat sangat lembab. Tetapi ada juga yang memiliki warna bibir alami cenderung gelap. Ada juga yang memiliki warna bibir sedikit pucat, keungunan bahkan kehitaman. Semua itu bergantung dari kondisi kesehatanmu, jika kondisi bibirmu pucat biasanya kamu tengah mengalami anemia (kurang darah). Pada kondisi ini bibirmu akan berwarna keputihan dan disertai dengan lemas serta sakit kepala. Bila kamu menghadapi kondisi ini sebaiknya segera memeriksakan ke dokter atau mengonsumsi obat untuk meningkatkan jumlah sel darahmu.

            Adapun warna bibir yang menyerupai warna keunguan, biasanya warna bibir ini akan muncul saat kamu tengah berada dalam ruangan atau tempat yang memiliki suhu rendah. Suhu rendah dapat kamu dapati dalam ruangan ber-ac atau di tempat ketinggian. Saat dalam kondisi dingin, bibir akan berubah keunguan karena peredaran darah yang sedikit tidak lancar. Namun jika bibir berwarna keunguan terjadi setiap hari dan tidak pandang kondisi, kamu harus segera periksakan ke dokter karena bisa jadi kamu mengidap penyakit jantung.

            Lain halnya jika warna bibir kehitaman, bibir hitam sering kali dikaitkan dengan kondisi bibir yang tidak sehat. Padahal semua itu bergantung pada banyak atau tidanya pigmen melanin pada bibirmu. Jumlah pigmen setiap orang sama, namun ada beberapa diantara mereka yang justru memiliki jumlah dan bentuk pigmen yang lebih banyak serta besar sehingga warna bibir akan berwarna semakin gelap. Jadi bibir alami yang berwarna kehitaman bukan berarti tidak sehat, melainkan itulah warna bibir aslimu.

Tetapi berbeda halnya jika warna merah pada bibirmu tiba-tiba berubah menjadi kehitaman. Bisa jadi itu disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kebiasaan lupa membersihkan lipstik hingga seringnya menjilat bibir. Berikut beberapa penyebab bibir berwarna kehitaman:

1. Lupa Membersihkan Lipstik

Membersihkan lipstik selalu luput dari perhatian wanita, kebiasaan ini sering terjadi saat malam hari. Sebelum tidur wanita sering lupa untuk membersihkan lipstik hingga semalaman. Lipstik yang tidak dibersihkan memungkinkan bibirmu akan berubah kehitaman sebab bahan kimia yang terkandung dalam lipstick justru akan mengendap di bawah permukaan mulutmu. Bila ini terus terjadi, tidak menutup kemungkinan kamu akan terjangkit kanker mulut yang menyerang area bibir. Jadi sangat dianjurkan untuk lebih rajin membersihkan lipstik setelah  memakai make up. Kalau bisa gunakan pembersih lipstik yang memang dikhususkan untuk area bibir.

2. Memakai Lipstik Abal-abal

Semakin berkembangnya zaman, varian lipstik dengan berbagai merek semakin beragam. Sayangnya, perkembangan di dunia kosmetik selalu dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Bermula dari iming-iming harga yang murah dan warna yang menarik, lipstik abal-abal ini diformulasikan dengan bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kesehatan bibir. Lipstik jenis ini biasanya paling digemari oleh kalangan remaja dan selalu digunakan hingga berkali-kali dalam sehari demi mendapatkan penampilan yang menarik. Padahal penggunaan lipstik abal-abal secara berulang akan mempercepat proses perubahan warna bibir menjadi kehitaman. Jadi untuk    menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu memperhatikan kandungan dalam lipstik yang kamu gunakan. Hindari lipstik yang mengandung isopalmityl diglyceryl sebacateasam ricinoleic, dan asam lemak dipentaerythritol dan tar batubara. Kandungan ini bisa saja menyebabkan reaksi alergi pada bibir yang menyebabkan bibir jadi hitam.

3. Terlalu Lama di Bawah Sinar Matahari

Berada di ruangan terbuka dan langsung terpapar sinar matahari bisa langsung membuat kulit wajah, tangan dan kakimu berubah warna kecokelatan hingga kehitaman. Area yang paling sering tidak disadari tiba-tiba menghitam adalah bibir. Bibir juga bisa berubah warna kehitaman Bibir merupakan bagian tubuh yang paling berpotensi mengalami hiperpigmentasi karena paparan sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB. Ketika produksi melanin terlalu banyak bisa menyebabkan warna bibir menjadi gelap. Sebagai pencegahan, gunakan pelembab bibir yang mengandung SPF.

4. Sering menjilat dan menggigit bibir

Kebiasaan menjilat bibir sering dilakukan untuk melembapkan bibir. Tapi alih-alih mendapatkan bibir merah dan lembap, kebiasaan ini justru membuat bibir menjadi kehitaman karena enzim yang terdapat dalam air liur bisa membuat bibirmu semakin kering dan warna alami bibir akan hilang.

Oleh sebab itu, bibir kehitaman tidak selalu mengindikasi bahwa bibirmu tidak sehat, justru ada beberapa orang yang memiliki warna bibir kehitaman sejak lahir. Jadi mulai sekarang, penilaian seputar bibir sehat tidak selalu berwarna kemerahan seperti yang biasa tapi terlihat dari tekstur kulit bibir, di mana lapisan terluar bibir tampak lembap dan tidak pecah-pecah. Selain itu juga jika bibirmu sudah  terlanjur menghitam, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang memang dapat menutrisi kulit bibirmu, seperti madu, lemon, minyak almond, gliserin dan lidah buaya. Beberapa bahan tersebut dipercaya dapat meremajakan kulit dan memudarkan warna kehitaman di area bibir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *