Manfaat Mengunyah bagi Kesehatan Mulut

Apakah kamu tipe orang yang malas mengunyah makanan dalam waktu yang lama? Sehingga kamu tidak segan-segan menelan makanan dalam bentuk yang cukup besar dan kasar. Jika iya, sebaiknya kamu perlu memperhatikan proses mengunyahmu. Mengunyah bukan hanya sekadar menghancurkan makanan, tapi juga melatih rongga mulut dan rahangmu agar tetap sehat. Lalu, apa saja manfaat mengunyah bagi kesehatan mulut?

Selama ini, yang kamu ketahui bahwa mengunyah sebaiknya dilakukan sebanyak 32 kali. Tapi sebenarnya, belum ada angka pasti terkait seberapa banyak kamu harus mengunyah makanan. Semua itu bergantung pada jenis makanan apa yang kamu konsumsi. Ada jenis makanan lembut dan padat, proses mengunyah pun akan berbeda-beda. Jika makanan lembut, disarankan untuk mengunyah 5-10 kali. Lain halnya pada makanan berbentuk padat, seperti daging. Kamu harus mengunyahnya lebih dari 10 kali atau sangat disarankan untuk mengunyah maksimal 30kali agar potongan daging dapat lebih halus saat ditelan.

            Mengunyah makanan sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan mulutmu, seperti gigi, rahang dan produksi saliva. Kebiasan mengunyah ini sudah kamu pelajari saat balita, pada saat itu gigimu akan tumbuh sehingga kamu akan merasakan gatal pada area gusi. Oleh karena itu, ibumu mulai mengajarkanmu untuk mengunyah sedikit demi sedikit, mulai dari makanan lembut seperti buah sampai makanan berbentuk padat, seperti biskuit. Bahkan ibumu selalu mengingatkan untuk pelan-pelan saat mengunyah dan tunggu sampai makanan halus, baru boleh ditelan. Itu menandakan bahwa mengunyah perlahan dan menghancurkan makanan sampai halus sudah ditanamkan sejak kecil. Tapi semakin dewasa, kegiatanmu memaksa kamu untuk mengonsumsi makanan dengan cepat.

            Mengunyah pun tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya:

1. Pastikan makanan yang kamu hendak makan, memiliki porsi yang kecil. Jangan memasukan makanan dalam porsi besar ke dalam mulut karena kamu akan kesulitan dalam mengunyah dan menelannya.

2. Kunyahlah makanan sampai benar-benar halus, baik makanan kering ataupun makanan berair. Biasanya, makanan berair jarang dikunyah sampai halus karena kamu menganggap kandungan air akan membuatnya lebih lembut. Tapi sebenarnya itu adalah cara yang tidak tepat. Apapun jenis makanannya, usahakan untuk mengunyahnya sampai benar-benar halus.

3. Hindari menelan makanan dalam bentuk besar dan halus secara langsung. Jika kamu menelan makanan tanpa mengunyahnya dengan benar, kamu bisa tersedak dan area kerongkonganmu akan terluka.

4. Setelah menelan makanan, biasakan untuk menunggu sampai mulutmu benar-benar kosong baru mengambil makanan. Jika kamu tersedak, jangan panik, segerakan untuk meminum segelas air perlahan-lahan. Tapi kalau makanan yang kamu telan ternyata menutup jalur pernapasan, kamu harus segera mengambil tindakan ke rumah sakit untuk mengeluarkan makanan tersebut. Bila dibiarkan akan merenggut nyawa seseorang.

            Bila kamu sudah melakukan cara mengunyah dengan benar, maka kamu akan mendapatkan manfaat besar untuk kesehatan mulutmu, diantaranya:

  • Proses Pencernaan dapat Terbantu karena Adanya Enzim di Mulut

Melalui proses mengunyah, makanan akan lebih halus dan tidak berat saat di proses oleh lambung sehingga nutrisi yang terkandung dalam makanan menjadi lebih mudah terserap. Selain itu makanan yang di haluskan dalam mulut akan mendapatkan enzim dari produksi air liur yang dapat membantu memecah zat gizi dari makanan menjadi bagian kecil sehingga sangat mudah di serap oleh darah.

  • Menguatkan Gigi dan Rahang

Pada saat kamu mengunyah, sebenarnya kamu sedang melatih gigi dan rahangmu. Gigi memiliki beberapa jenis dan fungsi, seperti gigi taring. Gigi taring berfungsi untuk merobek makanan. Apabila sejak kecil, gigimu tidak di latih untuk mengunyah makanan dengan benar, maka gigi taring tidak akan kuat jika dihadapkan dengan makanan yang berserat.  Makanan berserat membutuhkan proses mengunyah untuk membantu membersihkan area mulut. Kebersihan mulut yang tidak terjaga akan menimbulkan permasalahan pada area mulut, seperti sariawan dan radang gusi yang akan menghambat proses mengunyah.

  • Memproduksi Air Liur

Saat kamu mengunyah, mulut akan memproduksi air liur lebih banyak sehingga makanan akan jadi lebih mudah dihaluskan dan mengubah tekstur. Pada saat kamu mengunyah juga nutrisi dan vitamin dari partikel makanan yang diserap oleh air liur ini menaikkan energi tubuh dan memecah partikel makanan jadi lebih mudah.

Selain itu juga, air liur dapat membunuh bakteri-bakteri yang dapat mempengaruhi proses pencernaan. Jika makanan tidak dikunyah dengan benar lalu secara langsung kamu telan bulat-bulat, maka lambung membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk mencerna makanan yang kamu makan. Bakteri yang berasal dari rongga mulut pun ikut serta masuk ke dalam pencernaan dan mengakibatkan timbulnya sakit perut.

Oleh karena itu, mulai sekarang jangan malas untuk mengunyah makanan sampai halus, baik itu makanan bertekstur padat atau berserat. Kunyahlah makanan dengan benar untuk mendapatkan nutrisi yang tepat untuk tubuh. Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi secara teratur agar tidak menimbulkan permasalahan mulut yang dapat mengganggu proses mengunyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *