AHLI GIGI DAN DOKTER GIGI? SAMA ATAU TIDAK YA?

Masih banyak masyarakat Indonesia yang mengira bahwa dokter gigi dan juga ahli gigi itu sama. Banyak yang berdalih perbedaan antara dokter gigi dan ahli gigi hanya diperbedaan harga, dimana dokter gigi memiliki standart harga yang lebih mahal dibandingkan ahli gigi. Dokter gigi dinilai memiliki standart harga yang lebih tinggi dikarenakan fasilitas dan juga tempat praktek yang lebih bagus dibandingkan dengan dokter gigi. Apakah benar perbedaan mereka hanya difasilitas dan juga harga? Benarkah dokter gigi dan ahli gigi itu sebenarnya sama di luar dari perbedaan harga dan fasilitas? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini.

Ahli gigi atau yang biasanya bisa disebut dengan tukang gigi sebenarnya merupakan praktik tradisional sama halnya dengan praktik bekam, akupuntur maupun tukang urut. Ada beberapa ahli gigi yang mengaku bahwa mereka bisa melakukan praktik gigi bermodal dari mengikuti seminar atau kursus gigi. Kementrian kesehatan gigi RI menyatakan bahwa sebenarnya tukang gigi hanya diberikan kewenangan untuk membuat dan memasang gigi tiruan dan tentunya bahan yang digunakan juga harus terbuat dari bahan Heat Curing Acrilyc dengan tidak menutupi akar gigi. Namun kenyataannya, masih banyak tukang gigi atau ahli gigi yang melakukan pekerjaan lain di luar dari pekerjaan yang telah ditentukan.


Berbanding terbalik dengan dokter gigi, dokter gigi adalah mereka yang telah berpengalaman, bersertifikat dan profesional. Bagaimana tidak? Seorang dokter gigi menjalani waktu pembelajaran dan praktek yang sangat panjang, mengingat mereka harus sekolah dan melakukan KOAS sebagai standart kelulusan mereka. Selain itu mereka juga harus melakukan serangkaian praktek dan test untuk melihat kualifikasi mereka saat mereka sudah berada di lapangan tanpa adanya bimbingan.

Beberapa ahli gigi memang memiliki izin praktek dan kualifikasi untuk melakukan praktek, namun kenyataannya ada beberapa ahli gigi “nakal” yang membuka praktek tanpa adanya izin dan kualifikasi. Berbeda dengan dokter gigi yang pastinya telah memiliki kualifikasi dan ijin untuk melakukan praktek, karena mereka tidak akan lulus sekolah kedokteran jika tidak memenuhi standart kualifikasi tersebut.

Dokter gigi memiliki peralatan yang tentunya lebih canggih dan steril. Mereka mengutamakan kebersihan dalam ruangan praktek mereka dan juga pada alat-alat yang mereka gunakan kepada pasien. Bahkan tidak jarang ada beberapa dokter yang kerap mengganti peralatan mereka setiap beberapa bulan sekali. Bagaimana dengan ahli gigi? Memang ada beberapa ahli gigi yang mengutamakan kebersihan alat yang mereka gunakan, namun apakah itu berlaku untuk semua ahli gigi? Dengan standart harga yang murah, beberapa ahli gigi nakal banyak yang tidak mementingkan kebersihan alat yang mereka gunakan. Jika kamu pernah ke ahli gigi nakal, kamu akan menemukan beberapa alat yang mereka gunakan sudah kotor dan ada yang tidak bekerja dengan baik.

Penggunaan alat yang tidak bersih dan tidak steril akan meningkatkan resiko terkena infeksi maupun penyakit mulut menular. Bisa kamu bayangkan jika pasien sebelum kamu memiliki penyakit mulut dan kemudian kamu menggunakan alat yang sama namun tidak steril dan tidak dibersihkan? Bisa bisa kamu malah terkena infeksi dan penyakit mulut yang sebelumnya tidak kamu alami.

Meskipun harga ahli gigi lebih murah dibandingkan dengan dokter gigi, namun kenyataannya tidak semua dokter gigi menetapkan harga yang mahal. Ada beberapa dokter gigi yang menetapkan tarif jauh lebih murah, bahkan ada yang harganya tidak jauh berbeda dengan ahli gigi.

Sebagai konsumen dan pasien yang bijak, ada baiknya kita mengetahui lebih dalam siapa orang yang akan memeriksa ataupun memperbaiki gigi kita. Meskipun dokter gigi terkesan lebih meyakinkan, kita harus tau bahwa tidak semua dokter gigi mengikuti standart praktek yang berlaku. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum kamu memeriksakan gigi kepada dokter gigi kamu harus mencari tahu terlebih dahulu asal usul dari tempat yang akan kamu kunjungi, apalagi di jaman modern seperti saat ini, kamu bisa mencari tahu semua melalui Internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *