YUK, SIMAK PENYEBAB BAU MULUT DAN CARA MENGATASINYA!

Bau mulut merupakan kondisi yang dapat menyebabkan seseorang kehilangan rasa kepercayaan diri. Bau mulut yang tidak sedap atau dalam bahasa medisnya dikenal sebagai Halitosis merupakan kondisi yang disebabkan oleh masalah-masalah kecil yang terjadi pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi yang berlobang maupun infeksi pada gusi. Halitosis  berbeda dengan bau “Nafas Pagi” yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat. Halitosis merupakan kondisi bau mulut yang tidak bisa hilang walaupun sudah menggosok gigi, berkumur dengan air maupun obat kumur, Flossing bahkan dengan semprotan penyegar mulut sekalipun. Umumnya, Halitosis disebabkan oleh penumpukkan bakteri di dalam mulut.Namun tidak jarang juga loh bau mulut disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Kira-kira apa saja ya penyebab bau mulut dan cara mengatasinya? Yuk simak penjelasan dibawah ini

  • Bau mulut disebabkan adanya masalah pada perut

Memiliki pencernaan yang buruk dapat menyebabkan seseorang memiliki bau mulut yang tidak sedap. Mengapa demikian? Sistem pencernaan yang buruk akan membawa aroma yang tidak sedap menuju mulutmu dan biasanya berupa gas yang membuat kita bersendawa. Sistem pencernaan yang tidak baik akan membuat makanan yang dikonsumsi tidak dapat dicerna dengan baik dan akan menghasilkan acid reflux, yeast overgrowth atau yang biasanya dikenal sebagai fermentasi yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Untuk memperbaiki sistem pencernaan kamu bisa menggunakan probiotic yang bagus untuk memperbaiki sistem pencernaan.

  • Xerostomia

Xerostomia adalah kondisi dimana mulut menjadi kering karena adanya gangguan produksi air liur akibat dari penumpukan bakteri pada rongga mulut.

  • Diabetes

Tahukah kamu? Salah satu penyebab bau mulut adalah diabetes. Diabetes memiliki kondisi dimana produksi insulin menjadi tidak memadai. Hal tersebut dapat menyebabkan mulut memiliki bau seperti aseton. Bau mulut bisa menjadi salah satu tolak ukur apakah kamu terjangkit diabetes atau tidak. Jika memang kamu tidak memiliki masalah pencernaan maupun masalah pada mulut kamu, tetapi kamu memiliki masalah pada bau mulut, ada baiknya kamu langsung memeriksakan diri kamu ke dokter sebelum terlambat.

  • Candida Albicans

Candida Albicans merupakan jamur yang ada di dalam mulut. Biasanya Candida Albicans muncul pada mereka yang melakukan tindikan pada lidah, orang yang memakai kawat gigi dan pemakai gigi palsu.

  • Obat-obatan

Mengkonsumsi beberapa jenis obat juga bisa menyebabkan kamu terjangkit bau mulut. Contohnya seperti obat tekanan darah, antihistamine dan antidepresan umumnya memiliki efek samping yang membuat mulut menjadi kering dan tentunya mulut yang kering memiliki peran yang besar untuk menimbulkan bau mulut.

Kamu juga bisa mengatasi bau mulut dengan mengikuti tips di bawah ini :

  • Menggosok gigi dua kali sehari secara teratur
  • Mengganti sikat gigi setiap dua – tiga bulan sekali
  • Mengunyah kulit jeruk, lemon atau parsley
  • Minum air putih yang cukup setiap harinya, terutama pada saat bangun pagi dianjurkan untuk dapat minum 1 gelas
  • Berkumur setelah makan atau menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi
  • Mengurangi konsumsi gula berlebihan
  • Rutin mengecek kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali

Umumnya, bau mulut atau Halitosis ini lebih banyak menyerang perokok. Perokok ringan maupun perokok berat memiliki kapasitas yang lebih besar untuk dapat terjangkit Halitosis. Selain perokok, hampir 80% Halitosis juga disebabkan oleh masalah pada mulut kita, seperti gigi yang berlobang, busuk, gusi yang berdarah dan juga pemakaian gigi palsu yang tidak dibersihkan dengan baik.  Selain karena adanya masalah oral, makanan dengan tingkat protein yang tinggi, gula dan makanan yang bersifat asam juga menjadi pemicu untuk memunculkan bau mulut.

Tidak sulit bukan menjaga kesehatan gigi dan mulut, agar terhindar dari bau mulut?

Memiliki bau mulut akan membuat kamu kehilangan kepercayaan diri dan membuat kamu menjadi enggan dan malu untuk berbicara dengan orang disekitar. Mari kita bersama-sama menjaga kesehatan gigi dan mulut agar dapat terhindar dari bau mulut yang membuat kita tidak percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *