Membersihkan Karang Gigi Secara Berkala Ternyata Memberikan 6 Manfaat Ini!

Jika menyangkut kesehatan gigi, banyak masyarakat yang masih menganggap sepele, padahal kesehatan gigi berpengaruh pada kesehatan dalam tubuh kita. Umumnya, masyarakat akan menemui dokter gigi ketika mereka sudah memiliki masalah pada gigi, seperti gigi yang mulai sakit atau adanya infeksi pada gusi.

Dokter gigi menganjurkan untuk kita berkonsultasi pada dokter gigi minimal 6 bulan sekali untuk melihat kondisi gigi kita, termasuk salah satu yang akan diperhatikan dokter gigi adalah karang gigi. Apakah itu karang gigi?

Karang gigi merupakan penumpukan plak yang terbentuk pada gigi akibat dari sisa sisa makanan dan biasanya dapat muncul pada anak anak dan akan semakin menumpuk hingga dewasa jika tidak dibersihkan. Umumnya membersihkan karang gigi hanya memerlukan waktu yang relatif singkat, antara 15 – 60 menit tergantung dari kondisi karang gigi anda. Karang gigi yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan beberapa masalah mulut seperti radang gusi dan juga bau mulut. Tentunya kamu akan menjadi tidak percaya diri bukan jika memiliki masalah bau mulut? Selain bau mulut, karang gigi yang tidak dibersihkan akan semakin bertumpuk dan akan membuat gigimu terlihat tidak bersih.

Selain membuat anda terhindar dari bau mulut, membersihkan karang gigi juga dapat memberikan manfaat lainnya, seperti :

  • Mencegah kerusakan gigi

Karang gigi merupakan penumpukan bakteri dan sisa sisa makanan yang kita konsumsi. Karang gigi yang bertumpuk  dan tidak segera dibersihkan akan membuat kerusakan yang semakin parah pada gigi. Dengan rajin membersihkan karang gigi sekitar 1 tahun sekali, maka hal tersebut akan mencegah kerusakan pada gigimu dan tentunya gigi akan terlihat lebih bersih.

  • Mencegah peradangan pada gusi

Karang gigi yang tidak dibersihkan dan semakin menumpuk tidak hanya akan menumpuk pada gigi, namun bisa juga merambah ke gusi. Karang gigi yang menempel pada gusi dapat berakibat fatal karena dapat menyebabkan pendarahan pada gusi dan jika dibiarkan terus menerus dapat menginfeksi gusi yang menyebabkan gusimu akan bernanah.

  • Mencegah karang gigi yang bercampur dengan air liur

Karang gigi yang bercampur dengan air liur akan mengakibatkan beberapa masalah kesehatan. Karang gigi mengandung banyak sekali bakteri dan bisa anda bayangkan jika bakteri tersebut ikut tertelan bersama dengan air liur anda. Tentunya akan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan bukan?

  • Mencegah gigi keropos

Kesehatan gigi yang tidak dijaga dapat menyebabkan gigimu bisa keropos. Mengalami gigi yang mudah keropos tentunya bukanlah hal yang menyenangkan, ketika anda sedang mengkonsumsi makanan bisa saja gigi anda tiba-tiba patah. Dengan rajin membersihkan karang gigi, gigi akan lebih bersih dan terhindar dari gigi yang mudah keropos. Lebih baik mencegah bukan?

  •  Membantu warna gigi agar tidak berubah

Dengan membersihkan karang gigi, semua bakteri dan plak juga akan ikut terangkat. Seperti yang kita ketahui plak merupakan salah satu penyebab warna gigi dapat berubah, dan jika plak terangkat tentunya akan mencegah gigi berubah warna.

Membersihkan Karang Gigi juga relatif tidak terlalu mahal, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 250.000 sampai 800.000 tergantung dari kondisi gigimu. Yuk, mari kita jaga kebersihan karang gigi secara berkala!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *