Ingin Menggunakan Kawat Gigi? Yuk Kenali Manfaat dan Resikonya!

Kawat gigi atau yang lebih dikenal dengan nama Behel merupakan perawatan gigi yang tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Kawat gigi  atau Behel banyak digunakan oleh masyarakat berbagai usia. Umumnya anak-anak muda dan orang dewasa yang paling banyak menggunakan kawat gigi. Sebenarnya apa itu kawat gigi dan apa saja manfaat dan resikonya?

            Kawat Gigi merupakan alat yang digunakan untuk memperbaiki struktur gigi dan juga rahang yang tidak rapi ataupun tidak rata. Alat ini berbasis kawat yang akan dipasangkan pada gigi dan harus digunakan selama periode tertentu untuk merapihkan gigi yang tidak rata. Umumnya, kawat gigi digunakan karena adanya gigi yang bertumpuk ataupun gigi yang tidak berdempetan dan posisi gigi yang tidak sesuai atau miring. 

            Secara umum masyarakat mengetahui bahwa manfaat dalam pemasangan kawat gigi adalah untuk memperbaiki struktur gigi yang tidak rapi, namun faktanya pemasangan kawat gigi memiliki beberapa manfaat, seperti:

  • Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut

Pemasangan kawat gigi dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulutmu. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan struktur gigi yang berantakan dan bertumpuk dapat menyebabkan makanan yang kita makan lebih mudah terselip di sela-sela gigi dan akan sangat susah untuk dibersihkan bahkan dengan menggunakan benang gigi sekalipun. Makanan yang terselip tentunya akan membuat bakteri berkembang biak dan akhirnya dapat menyebabkan berbagai penyakit pada gigi dan mulut. Dengan memasang kawat gigi, gigi akan kembali ke posisi yang seharusnya dan akan membuatmu lebih mudah pada saat membersihkan gigi.

  • Mencegah Temporomandibular Disorder

Temporomandibular Disorder merupakan sebuah kelainan pada sendi rahang yang diakibatkan dari adanya tekanan dan juga susunan gigi yang tidak selaras. Kelainan ini akan menyebabkan anda merasakan nyeri pada bagian rahang.  Dengan menggunakan kawat gigi, susunan gigi akan kembali selaras dan mencegahmu untuk terkena kelainan ini.

  • Makanan dapat dicerna dengan baik

Apa hubungan dengan makanan yang dicerna dengan kawat gigi? Bukankah makanan yang dicerna baik atau tidaknya tergantung dari kesehatan organ dalam perut dan jenis makanan? Umumnya masyarakat pasti akan menanyakan pertanyaan tersebut, tahukah anda makanan dapat dicerna baik atau tidaknya itu tergantung dari seberapa lama dan seberapa halus anda mengunyah makanan. Makanan yang kita makan harus dilumatkan dengan baik agar dapat dicerna sempurna oleh tubuh. Gigi yang tidak selaras dapat membuat makanan yang dikunyah tidak sempurna karena fungsi dari gigi tersebut tidak maksimal. Dengan memasang kawat gigi, gigi akan menjadi selaras dan dapat berfungsi sebagaimana semestinya.

Meski menggunakan kawat gigi kita bisa mendapatkan berbagai manfaat, namun ada juga resiko yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan kawat gigi, seperti :

  • Gigi akan terasa ngilu dan nyeri pada saat pemakaian pertama

Bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan kawat gigi pasti akan merasakan rasa nyeri. Tentunya rasa ngilu dan nyeri ini tidak sebentar. kamu akan merasakan rasa ngilu dan rasa nyeri dalam beberapa waktu sampai terbiasa.

  • Mengalami Cedera

Pemasangan kawat gigi akan menimbulkan beberapa cedera di dalam mulut. Hal ini dikarenakan kawat yang terpasang akan bergesekan dengan dinding mulut dan dapat menyebabkan luka lecet.

  • Ketidaknyamanan

Pemasangan kawat gigi akan membuatmu merasa sangat tidak nyaman, apalagi pada saat anda makan. Kamu akan merasa sangat sulit untuk mengunyah makanan yang terlalu keras. Selain itu, juga harus berhati-hati saat mengkonsumsi makanan yang berserat karena makanan tersebut dapat dengan mudah terselip di sela-sela kawat gigi. Di saat kamu telah memutuskan untuk memasang kawat gigi, harus lebih rajin dalam membersihkan gigi dan juga harus konsisten untuk mengatur jadwal konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter gigi. Bagaimana? Apakah kamu berminat memasang kawat gigi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *