5 Tips untuk Orang Tua tentang Perawatan Gigi pada Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anak mereka dapat tumbuh sehat dan terhindar dari penyakit, terutama gigi mereka. Setiap orang tua pasti sangat tidak ingin anaknya mengalami masalah pada gigi mereka. Faktanya, gigi pada anak-anak sangat rentan terjadi kerusakan dibandingkan dengan orang dewasa. Anak-anak sangat rentan akan kerusakan gigi dikarenakan mereka masih memiliki gigi susu di mana gigi susu memiliki gigi yang sangat rentan dan lemah. Selain rentan dan lemah, anak anak sangat senang untuk mengkonsumsi segala sesuatu yang manis, seperti permen, kembang gula dan coklat. Hal ini tentunya akan memperburuk kondisi gigi pada anak-anak.

Biasanya, kerusakan gigi yang sering dialami oleh anak-anak adalah karies gigi. Oleh karena itu, Anda harus extra perhatian terhadap gigi anak-anak. Bayangkan saja jika anak Anda mengalami sakit gigi, orang dewasa saja merasa kesakitan apalagi jika dialami oleh anak-anak.

Anda harus benar – benar memperhatikan gigi anak Anda. Untuk membantu Anda dalam merawat gigi Anda, berikut ini tips tips yang bisa Anda perhatikan dan lakukan untuk membantu Anda dalam merawat gigi anak Anda :

  • Minum Air Putih

Selalu pastikan dan ingatkan anak Anda untuk mengkonsumsi banyak air putih terutama saat makan. Hal ini dikarenakan air putih dapat mengurangi infeksi pada gigi setelah makan. Anda juga bisa mengajari anak Anda untuk rajin berkumur untuk membersihkan sisa sisa makanan yang terselip di gigi.

  • Rajin menggosok gigi

Faktanya memang banyak sekali anak kecil yang malas dan tidak mau menyikat gigi mereka, namun Anda harus mengajarkan kepada mereka bahwa menyikat gigi itu sangatlah penting. Ingatkan juga kepada anak Anda untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yaitu pada saat bangun tidur dan pada saat sebelum tidur.

  • Kunjungan ke dokter gigi

Gigi anak anak yang lemah dan sangat rentan mengalami kerusakan harus membuat Anda untuk rutin memeriksakannya ke dokter gigi. Bawa anak Anda ke dokter gigi jika sudah terlihat adanya plak pada gigi anak Anda sehingga dapat segera diobati. Bila gigi anak Anda terlihat sehat , Anda harus tetap membawa anak Anda minimal 1 tahun sekali ke dokter gigi secara rutin agar gigi anak tetap sehat.

  • Hindari makanan manis terlalu sering

Seperti yang kita ketahui, makanan manis, terutama permen, kembang gula dan coklat merupakan makanan yang disukai oleh anak anak dan juga merupakan faktor yang bisa menyebabkan gigi anak Anda menjadi rusak. Anda tidak perlu sampai melarang anak Anda untuk memakan makanan tersebut tapi cukup dengan tidak mengkonsumsi makanan tersebut terlalu sering dan Anda harus mengkontrol makanan manis yang dimakan.

  • Hindari anak tidur dengan botol minum

Hal ini banyak sekali dilakukan oleh orang tua. Biasanya sebelum tidur orang tua akan memberikan anak mereka susu yang dimasukkan ke dalam botol minum. Membiarkan anak anak menyedot botol minum yang diisi dengan susu atau minuman manis lainnya, baik itu sebelum tidur maupun di saat siang hari akan membuat gigi anak Anda perlahan-lahan menjadi rusak. Membiarkan anak anak terus menerus menyedot minuman dalam botol minum dapat menyebabkan penumpukkan bakteri dalam mulut dan dapat berakibat pada kerusakan gigi. Kurangi konsumsi susu atau minuman manis dengan botol minum dan usahakan tidak diberikan sepanjang hari.

Bagaimana dengan tips diatas? Tidak sulit untuk dilakukan bukan? Jaga dan ajarilah anak Anda untuk merawat gigi sejak kecil agar kebiasaan tersebut di bawa oleh anak Anda hingga dewasa. Gigi yang sehat juga merupakan penentu kualitas hidup yang sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *